tempat wisata banjarmasin

Sobat Thewarta, selamat datang di kota Banjarmasin! Kalimantan Selatan menyimpan beragam tempat wisata yang menawarkan pesona alam, budaya, dan sejarah yang tak terlupakan. Dalam artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk menjelajahi tempat-tempat wisata menarik di Banjarmasin yang sayang untuk dilewatkan. Siapkan diri Anda untuk merasakan pengalaman unik dan memukau di sini!

Banjarmasin, yang juga dikenal dengan sebutan Serambi Mekahnya Indonesia, merupakan ibu kota Kalimantan Selatan. Kota ini terkenal dengan sungai-sungainya yang indah, sehingga sering disebut sebagai kota air. Daya tarik utama Banjarmasin adalah keindahan alamnya yang belum terjamah, serta keberagaman budaya yang kental. Jadi, ayo kita mulai petualangan kita di tempat-tempat wisata Banjarmasin!

Tempat Wisata Alam Banjarmasin

1. Taman Wisata Alam Sungai Martapura

Taman Wisata Alam Sungai Martapura menawarkan pemandangan alam yang memukau dengan hamparan sungai yang melintasi kota Banjarmasin. Anda dapat menikmati keindahan alam sambil berkeliling dengan perahu tradisional (locally called “klotok”) yang meluncur di permukaan aliran air jernih sungai Martapura. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat elang bondol terbang di langit biru Banjarmasin.

2. Pulau Kaget, Taman Nasional Tanjung Puting

Menjadi habitat alami orangutan, Pulau Kaget di Taman Nasional Tanjung Puting menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Anda dapat melihat secara langsung interaksi orangutan di alam bebas dan mendapatkan kesempatan untuk memberi makan mereka. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen indah bersama orangutan ini.

3. Kebun Raya Banua

Kebun Raya Banua adalah tempat yang sempurna bagi pecinta flora dan fauna. Anda dapat menjelajahi kebun raya ini sambil menikmati beragam koleksi tanaman langka dan langit-langit hijau yang menyejukkan. Jelajahi trek-trek di dalam kebun raya ini dan nikmati alam yang menakjubkan sepanjang perjalanan Anda.

Tempat Wisata Budaya Banjarmasin

1. Pasar Terapung Lok Baintan

Merupakan salah satu ikon kota Banjarmasin, pasar terapung Lok Baintan adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta wisata budaya. Anda dapat melihat dan merasakan pengalaman berbelanja di atas perahu yang dijadikan toko oleh penduduk setempat. Jelajahi pasar sambil mencoba makanan lokal yang lezat dan membeli oleh-oleh khas Banjarmasin.

2. Rumah Radakng dan Paminggir

Mengenal lebih dekat sejarah dan budaya Banjarmasin, Anda dapat mengunjungi Rumah Radakng dan Paminggir. Merupakan bangunan bersejarah tradisional Banjar, rumah ini menyimpan berbagai artefak dan barang antik yang menggambarkan kehidupan masyarakat Banjar pada masa lalu. Jelajahi setiap sudut rumah ini dan ikuti tur yang disediakan untuk memahami lebih dalam tentang budaya Banjarmasin.

3. Museum Wasaka

Museum Wasaka adalah tempat yang menyimpan sejarah Budaya Kaharingan, agama asli suku Dayak di Kalimantan Selatan. Anda dapat menemukan koleksi berharga seperti patung, kain, senjata, dan barang-barang ritual lainnya yang merefleksikan kehidupan spiritual suku Dayak. Dengan mengunjungi museum ini, Sobat Thewarta akan mendapatkan wawasan yang mendalam tentang kehidupan dan kepercayaan suku Dayak yang unik.

Informasi Lengkap Mengenai Tempat Wisata Banjarmasin

Nama Tempat Wisata Alamat Deskripsi Singkat
Kambang Iwak Jl. Lambung Mangkurat, Banjarmasin Kebun bunga dan area rekreasi dengan banyak kolam ikan
Taman Siring Jl. Ahmad Yani, Banjarmasin Kawasan taman dengan air mancur dan patung naga
Pasar Terapung Lok Baintan Kecamatan Sungai Tabuk, Banjarmasin Pasar tradisional di atas perahu di tepi sungai Martapura

Frequently Asked Questions (FAQ) – Tempat Wisata Banjarmasin

1. Apa saja jam buka Taman Wisata Alam Sungai Martapura?

Taman Wisata Alam Sungai Martapura buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WITA.

2. Bagaimana cara menuju Pulau Kaget di Taman Nasional Tanjung Puting?

Untuk menuju Pulau Kaget, Anda perlu mengambil perahu dari Dermaga Kumai, sekitar 30 menit perjalanan dari Banjarmasin.

3. Berapa harga tiket masuk ke Kebun Raya Banua?

Harga tiket masuk ke Kebun Raya Banua adalah Rp 10.000 per orang.

4. Apakah ada biaya untuk masuk ke pasar terapung Lok Baintan?

Tidak ada biaya masuk ke pasar terapung Lok Baintan. Anda hanya perlu membayar biaya perahu yang biasanya disesuaikan dengan jarak dan durasi perjalanan.

5. Apa saja fasilitas yang tersedia di Rumah Radakng dan Paminggir?

Rumah Radakng dan Paminggir memiliki fasilitas seperti kafe, toko oleh-oleh, dan area parkir yang nyaman bagi pengunjung.

6. Berapa jam operasional Museum Wasaka?

Museum Wasaka buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WITA, kecuali hari Senin dan beberapa hari libur nasional.

7. Apakah ada penginapan di sekitar Taman Siring?

Ya, di sekitar Taman Siring terdapat beberapa penginapan dengan berbagai pilihan tarif sesuai dengan kebutuhan Anda.

8. Bisakah saya menyewa perahu di Taman Wisata Alam Sungai Martapura?

Tentu saja! Di Taman Wisata Alam Sungai Martapura, Anda dapat menyewa perahu tradisional (klotok) untuk menikmati keliling sungai.

9. Apakah ada petunjuk arah menuju Kambang Iwak?

Ya, di sekitar kota terdapat petunjuk arah yang dapat diikuti untuk menuju Kambang Iwak. Anda juga dapat menggunakan aplikasi peta seperti Google Maps untuk memandu perjalanan Anda.

10. Bisakah saya mendapatkan panduan tur di Pulau Kaget?

Tentu saja! Di Pulau Kaget, Anda akan ditemani oleh pemandu yang berpengalaman untuk menjelaskan keadaan dan melakukan pengenalan mengenai orangutan yang ada di sana.

Kesimpulan

Sobat Thewarta, Banjarmasin memiliki sejumlah tempat wisata yang menakjubkan dan unik untuk dijelajahi. Dari keindahan alam yang masih asri hingga keberagaman budaya yang kental, Anda akan merasakan pengalaman yang tak terlupakan di kota ini. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata menarik di Banjarmasin saat Anda berada di Kalimantan Selatan. Selamat menjelajah!

Baca juga: